Tidak jelas sih, apakah semua judul makanan itu merujuk pada makanan yg sama atau tidak (tunjuk ke bawah)

Tapi yang jelas … Hmm… Makanan yg satu ini enak tenan!!😀


Selain uenaaakk, aku berbahagia karena makanan ini tidak bikin endhut😛 Sayangnya, aku kesulitan mencari orang yang menjual makanan ini (dalam kemasan judul apa pun). Padahal, bahan-bahannya sebenarnya mudah didapat: buah-buahan, sayur kubis atau kecambah, plus kacang goreng. Semuanya disiram dengan dressing yg kecut segar plus, tentu saja.. Pedass!! Wih.. =P~ Sebenarnya pula, dressing itu gampang kok buatnya, jadi sebenarnya lagi… makanan yg satu ini bisa dibuat sendiri di rumah. Tapi, malasnya itu lhoooo hahaha😀

Makanya ketika teman kantorku beli Asinan Bandung hari ini, aku pun dengan semangat 45 mengambil sendok dan meluncur ke ruangannya LOL😛 Dalam waktu singkat, sendokku pun bekerja, mengantarkan buah dan kuah asinan ke mulutku.. hmm.. nyam.. nyam.. nyam.. Enaaaaaakkk! Sayang kurang pedas. Soalnya temanku ini tidak suka pedas. Tapi tak apa lah.. tetap enak,kok. Apalagi kan.. GRATIS! hehehe😛

DBTW, I’ve done my homework (rajin, reeekkk)… ternyata memang ada perbedaan antara Asinan Bandung, Asinan Bogor, dan Rojak Gobet. Dari bahan-bahannya, rojak gobet hanya berisi buah, tanpa sayur atau kacang (walau banyak juga yang nambahi dua bahan ini, termasuk mamaku :P), sementara asinan bogor dan bandung berisi buah, sayur, dan kacang. Malah pada asinan bogor ditambah krupuk di atasnya. Untuk dressing-nya sendiri juga beda. Dressing asinan bogor lebih bening, sedangkan asinan bandung dan rojak gobet lebih kental. Rasa kecut di asinan bogor dan bandung berasal dari cuka dan air jeruk. Rojak gobet menggunakan asam jawa sebagai pencetus rasa kecutnya. Selain itu, rojak gobet menggunakan gula jawa dan kacang sangrai halus dalam kuahnya. Asinan bogor (dan bandung ?? kurang jelas soalnya bumbunya) menggunakan gula pasir biasa dan mengganti kacang dengan ebi.

Link-link berikut adalah tempat aku mendapatkan resep di atas:

Asinan Bogor : http://myblok-recipe.blogspot.com/2007/02/asinan-bogor.html

Rojak Gobet : http://cuek.wordpress.com/2007/09/26/rujak-gobet/

Special Thanks for Jiewa yang sudah (mau-maunya) memfoto kami (asinan bandung, aku, dan teman kantorku)😀 Baik, kan aku, jie.. nempelin linkmu di sini hihihi😛