Seperti hendak menebus ‘dosa’ karena berhari-hari telah membuat warga Surabaya jadi ikan asin (saking panasnya), hari ini matahari memutuskan untuk off dulu dan sembunyi di balik mendung.  Well, at least pagi ini sih, nggak tahu lagi nanti siang😛 Selain mendung, ternyata Senin pagi ini juga diselimuti kabut. Kabut, saudara! Jarang-jarang tuh Surabaya dapat kabut😀

image source: http://www.capturethisphotography.com

Tadinya aku sama sekali tidak sadar bahwa pagi ini berkabut. Kupikir pandanganku sedikit buram karena kacamataku berembun akibat ac mobil yg dingin😛 Tapi setelah kacamata kulap, kok masih buram ? hehe ternyata memang berkabut😛

Hanya kabut tipis, sih, sama sekali tidak mengganggu jarak pandang berkendara. Malah jadi pemandangan yg cukup assik. Sayang, aku tidak membawa kamera untuk mengabadikannya😦

Berkendara dalam kabut

Seandainya nanti terjadi kabut tebal sehingga jarak pandang menjadi sangat pendek (bahkan tidak bisa melihat kendaraan di depan) , langkah yg paling tepat adalah menepi dan berhenti. Tapi jika terpaksa berkendara, berikut ini ada tips-tips dari www.e-how.com tentang berkendara yg aman dalam kabut:

  1. Pelan-pelan. Tabrakan lalin berhubungan dengan kabut terjadi karena seseorang berkendara terlalu cepat dan tidak dapat berhenti tepat waktu untuk menghindari tabrakan. (hm.. ini benernya nggak cuma pas kabut aja, kaleee😀 )
  2. Nyalakan lampu. Lebih bagus lagi lampu kabut. Tapi jangan dim (bener nggat tulisannya ya ??) karena posisinya yg lebih tinggi justru akan menyebabkan sinar lampu memantul ke kita sendiri
  3. Jika berhenti, matikan semuanya. Jika ada lampu yg masih menyala, pengemudi lain mungkin mengira kita masih berkendara dan itu bisa mengecoh mereka.
  4. Jangan sering-sering menginjak rem. Pikirkan apa yg dilihat pengemudi di belakang kita. Menginjak rem terus-menerus membuat orang di belakang gugup.
  5. Nyalakan wipers & defroster agar kaca tetap jernih
  6. Perhatikan speedometer. Kabut memecah cahaya dan mengurangi kontras antar benda. Penelitian menemukan bahwa semakin lama orang mengemudi dalam kabut, semakin cepat ia mengemudi.
  7. Matikan radio. Karena penglihatan berkurang, kita harus lebih menajamkan pendengaran. Dengarkan kendaraan lain yg mendekat sebelum membelok.
  8. Beri signal lebih dahulu ketika akan berbelok.
  9. Jangan berhenti mendadak.

Save driving, guys😀