ARMANDO CHRISTIAN PEREZ a.k.a PITBULL.. Mana ada rapper ganteng dan dandy yg show selalu berpakaian resmi seperti dia?
Bisa dibilang saya salah satu orang yang beruntung karena bisa mendapatkan tiket konser Pitbull. Pasalnya, promosi live concert Pitbull in Jakarta ini awalnya hanya dari account Twitter promotor Java Musikindo, Om Adrie Subono (@AdrieSubono) dan @Javamusikindo. Belum ada promosi apapun melalui media lain (baliho, billboard, iklan TV, dll).
Tanggal 1 April 2010, tepat jam 00:00 tiket presale dijual online via www.javamusikindo.com yang sebelumnya sudah diumumkan via Twitter oleh om Adrie. Presale 1 Tribune dijual pada harga 250.000 dan Festival dijual pada harga 350.000. Dan akan naik 50.000 rupiah pada presale 2 dan presale 3. Harga reguler tiketnya sendiri 400.000 utk tribune dan 500.000 utk festival.
Tepat jam 00:00 tanggal 1 April, server website Javamusikindo sibuk sehingga susah diakses, saya pribadi sampai sudah pasrah tidak kebagian tiket. Jam 00:15 presale 1 sudah ludes terjual,  00:30 presale 2 habis, dan akhirnya 00:45 saya dan teman-teman berhasil mendapatkan presale 3, dengan harga 463.000 utk Festival (incl.tax cc).

Memonitor account Twitter om Adrie Subono pagi harinya, pk 06.00 ribuan orang sudah menyerbu kantor Java Musikindo dan pukul 20.00 ribuan tiket ludes terjual. SOLD OUT dalam sehari! Benar-benar sejarah, baru kali ini tiket sold out dalam 1 hari perjualan, menurut Adrie Subono. Dari sini kita dapat lihat The Power of Twitter. Banyak orang yang menyesal tidak mendapat tiket, karena tidak berhasil akses website, dan ada pula yang tidak tahu bahwa Pitbull akan konser di Jakarta. Mereka cuma bisa gigit jari ketika promo/iklan konser ini ditayangkan di TV dan dipasang pada billboard di jalan-jalan besar.

Tgl 12 Mei (Rabu), yang keesokan harinya adalah hari libur, sejak sore hari semua jalanan di Jakarta padat merayap. Termasuk daerah menuju Tennis Indoor Senayan. Pukul 18.30 saya dan teman-teman sudah sampai ke venue. Banyak juga calo-calo yang menjual tiket di luar. Harga dijual sekitar 600.00 – 1.000.000 rupiah.

Terus terang saya agak kaget dengan penonton yang datang. Ekspektasi saya yang datang adalah kaum dewasa muda, minimal anak kuliah lah. Dengan pertimbangan lirik lagu Pitbull agak vulgar spt itu, video clipnya, dandanannya yang “dandy”, juga mengingat sponsor konser itu rokok dan alat kontrasepsi. Tapi ternyata mayoritas yang datang adalah ABG dan remaja pelajar SMP/SMA. Bahkan yang mukanya masih polos-polos. Saya cuma bisa geleng-geleng kepala. Anak muda jaman sekarang! Kalau saya yang jadi promotornya, akan saya buat peraturan, penonton harus 18+, karena jujur kelakuan ABG-ABG itu tidak behave sama sekali, kesal sekali kami dibuatnya!
Singkat cerita, kami mengantri masuk venue tidak terlalu lama. Seperti biasa, kalau sudah di tempat konser, jangan harap ada signal seluler yang lancar.. Opening act by Saykoji, pukul 20.15, lumayan lah.. ABG banget.. Dan memang tidak ada rapper Indonesia lain lagi yang menurut saya cocok utk jadi artis pembuka. ABG-ABG mulai jejeritan di kuping, berdesak-desakan, dorong-dorongan. Malah sempat terlintas dalam benak saya “tahu gini, beli yang tribune aja..” Karena di tribune ada tempat duduknya, walaupun tempat lebih jauh dari panggung. Saykoji sukses buat ABG-ABG lain jingkrak-jingkrak. So far kaum dewasa muda yang saya harapkan belum kelihatan batang hidungnya. Saya dan teman2 berasa tante-tante di sana. Yang cowo-cowo sih pada seneng, banyak cewe-cewe yg bisa dibuat cuci mata. Pukul 21.00 Saykoji selesai perform dan bagi-bagi kaos.
Setengah jam menunggu-nunggu sang rapper ganteng, akhirnya pukul 21.30, Armando Christian Perez alias PITBULL yang ditunggu-tunggu muncul juga. Perform sekitar 1,5 jam, dia benar-benar mengangkat suasana. Semua penonton bergoyang. Di lagu ke-4 saya dan teman-teman karena kesesakan didorong-dorong dari belakang, akhirnya pindah ke belakang samping, tempat yang agak lega. Jadi kita bisa nge-dance dan jingkrak-jingkrak =)
Lagu-lagu di album “Rebelution” banyak dinyanyikan, seperti hits andalan-nya: I KNOW YOU WANT ME, HOTEL ROOM SERVICE, KRAZY, AROUND THE WORLD, MR.305, etc.. plus DJ performance yang dibawa oleh Pitbull dan band-nya, memainkan lagu-lagu TOP 40 seperti Lady Gaga, Black Eyed Peas, Rihanna, dll. Ahh, AWESOME! Tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata! Sekitar 5200 penonton bergoyang dan berjingkrak-jingrak menikmati suasana. Band dan DJ-nya mantab karena diboyong sendiri oleh PITBULL dari Amerika, sound system mantabsss berhasil buat jantung berdetak kencang. Saya cuma bisa membayangkan, bagaimana kalo ini bukan di Tennis Indoor Senayan, tapi private party di club-club. Pasti asik banget, gak keramean! =)
Semakin malam, semakin ramai, dan (AKHIRNYA) kaum dewasa muda kelihatan juga batang hidungnya.. Bahkan ada juga orang tua.. Banyak menggerombol di belakang, banyak juga orang asing dan artis-artis. Sempat berjoget-joget di sebelah saya: Manohara and mom (tante Daisy Fajarina) beserta asisten & salah satu kerabat kerajaan Kelantan, ada juga Nadya Mulya and the gank, Nikita Willy. Sempat juga terlihat Afgan & Olivia, Dimas Seto, Meriam Belina (in high heels), Indra Herlambang, Adry Danuatmadja. Artis lain banyak yang datang, tapi tak sempat terdeteksi oleh mata saya.
Sekitar jam 23.00 PITBULL mengakhiri konsernya, dan dilanjutkan ada DJ performance di luar + booth penjual CD, souvenir dan makanan. MEMUASKAN! Good job for Java Production and Om Adrie Subono! =)

NB: Foto2 yang akan saya post courtessy of Adrie Subono from Twitter + beberapa foto hasil jepretan pribadi. Enjoy!
Yang mau lihat videonya di YOU TUBE, silakan ke: RT @AdrieSubono: video PITBULL @Jakarta Concerts yg wajib elu ntn I Know You Want Me http://bit.ly/bD4E80 & KRAZY di http://bit.ly/aJgiM