SURABAYA. Kotaku tercinta ini kemarin baru aja ultah yg ke-717. Jadi, sebelumnya aku mau ngucapin: HAPPY BELATED BIRTHDAY!! *muuaaah*

SURABAYA. Kalau dengar kata itu, apa yg pertama melintas di otakmu ? Sebagian besar orang akan menjawab spontan:

“Banjeeeeeeeeeeerrr!!” (maksudnya banjir)

“Panaaaaaaassse ngalah2i neroko!!” (ini yg bilang mantan penghuni neraka kali ya…)

“Bonek!”

“Macet, c*k!” (nggak usah, misuh ta lah, c*k)

“Polusi”

“Sampah”

“lumpur lapindo” (lhaa… ini bukan di Surabaya.. pasti geografinya dapet nol nih)

dll..

dsb…

swt….

Yah, intinya Surabaya, terutama bagi orang2 yg hidup dengan menginjakkan kaki di tanahnya, selalu berkonotasi negatif, selalu menerima keluhan dan hujatan dari warganya.

Tapi tau nggak siiiihh… kota kita tercinta ini ternyata banyak mendapat pujian, bahkan penghargaan. Aku sempat googling, dan nemu beberapa penghargaan yg diterima Surabaya (termasuk pemkot dan instansi terkait) selama 1 tahun terakhir:

1. PDAM menjadi penyelenggara pelayanan air minum terbaik ke-2 seluruh Indonesia dan penghargaan Perpamsi Award Terbaik I kategori PDAM Metropolis.

“Kualitas airnya dinyatakan tebersih se-Indonesia. Faktor lain, PDAM Surabaya punya sistem penagihan biaya yang sangat rapi dan terlaksana secara baik. Selain itu, PDAM berprestasi karena berencana menambah jaringan secara luas.” (source)

2. Bandara Juanda menjadi juara Penanganan Kebersihan Bandara Internasional di Tanah Air (Sapta Pesona Award 2009)

“Kebersihan toilet Bandara Juanda, Surabaya, menempati peringkat pertama, score 78.54, dan mendapat penilaian bintang tiga.” (source)

3. Surabaya menjadi Juara Nasional PKL Award 2009 Kementrian Negara Koperasi dan UMKM Republik Indonesia

“Koperasi Bina Bahagia Bersama Surabaya yang menyabet juara pertama mempunya ciri khusus yakni pertama ; koperasi ini beranggotakan sentra-sentra PKL yang tersebar di 4 sentra di Sby tetapi tidak mau menggunakan nama PKL, kedua ; sejak didirikan pada bulan juni 2008 jam 2 pagi bertempat di Gubeng, maka dengan jumlah anggota 33 pedagang dengan modal 33 juta sampai sekarang ini sudah berkembang menjadi 131 anggota dengan volume usaha 164 juta tanpa ada modal penguatan dari dana bergulir, jadi benar-benar sudah tumbuh secara mandiri.” (source)

4. Pemerintah Kota Surabaya menerima penghargaan E-Government Award 2009

“Penghargaan tersebut diberikan karena Pemerintah Kota Surabaya dianggap sebagai percontohan penerapan e-Government tahun 2009 terbaik pertama kategori daerah dengan kemampuan sumber daya besar” (source)

5. Surabaya sebagai The Most Favorite Tourism Industry dan Peringkat III Kota Terbaik (Departemen Kebudayaan dan Pariwisata)

“Surabaya masuk 9 kriteria penilaian, karena itu masuk 10 besar kota terbaik tujuan wisata. Namun salah satu penilaian yang menonjol adalah adanya The Most Favorite Mall, yaitu yang terpilih adalah Tunjungan Plaza Surabaya” (source)

6. Surabaya Juara II Sanitasi dan Pelayanan Air Minum

“Drainase di Surabaya dinilai sudah siap. Penanganan luas genangan banjir sudah berkurang dan lama genangan air juga lebih cepat, biasanya 4 jam sekarang menjadi 2 jam dan rumah pompa juga berjalan baik. Masyarakat di Surabaya juga sangat peduli terhadap sampah dilingkungannya. Mereka memilah-milah sampah organik dan sampah non organik. Support dari pemkot ini juga mendapatkan penilaian, karena menggerakkan masayarakt untuk peduli lingkungan itu tidak mudah.” (source)

7. Surabaya peringkat I dalam Highest Cost Effectiveness Asian Cities of the Future (Financial Times FDI Magazine)

“Surabaya berada di peringkat ke-21 jika diukur dari tingkat kemahalan. Posisi itu jauh di bawah Balikpapan dan Jakarta yang berada pada peringkat pertama dan kedua” (source)

Not bad, huh ??😛 Terus berprestasi, Surabayaku…😀