Tadi pagi aku ditantangin papa buat masak. Haduuuh… gawat, deh. Secara aku itu doyannya makan, bukan masak. Tapi masak iya nyerah gitu aja. Akhirnya.. aku -with a HUGE help from my mom- masak Spaghetti bolognaise.

Bentuknya not bad toh, yaa?? hehehe… rasanya juga not bad, kok. Buktinya, orang rumah kagak komplain malah tandas dalam waktu kurang dari 12 jam hihihi :P

Masaknya lumayan gampang, sih… kalo ada mama hehehe. Permasalahannya adalah justru karena masak sama mama yg notabene udah jago, kali ini aku nggak tau precisely takaran bahan2nya.. kebanyakan asal aja dan berserah pada keahlian lidah kami. Makanya aku namain Goyang Lidah saking banyaknya frekuensi ngicip toppingnya ;)

Anyway, hal yg pertama dilakukan adalah memblender . Kalau punya daging giling lebih enak, sih. Berhubung nggak ada, kita pun pake daging biasa terus diblender.

Sambil mblender daging, bisa juga disambi masak air di panci. Kalau air sudah mendidih, cemplungin ke dalam panci. Kecilin api, dan tunggu (dengan sabar) sampai spaghetti aldente. Apaan sih aldente itu? Setauku sih aldente itu kondisi dimana pasta ganti warna jadi putih tapi tidak sampe blenyek atau jembrot. Tiriskan spaghetti, taruh di wadah, lalu lumuri dengan .

Sekarang toppingnya. Potong kecil2 bawang bombay (1,5 buah), bawang putih (5 siung), dan tomat (2 buah).. Panaskan minyak secukupnya di wajan. Pertama kali, tumis hingga harum, lalu masukkan tumis sampe rada layu. Masukkan daging blenderan tadi dan juga .  Kasih 500-600 ml air dan juga . Ukuran saos tomatnya terserah selera. Kalo suka kecut bisa dibanyakin.

Oya, tentu aja bumbu2 wajib seperti . Ukurannya ?? Waduh.. diicip2 sendiri aja, ya. Serius nih, kita cuma main jumput-icip-jumput-icip.

Nah, terus ini nih yg bikin enak, tambahkan parut. Bukan keju cheddar lho, ya.. tapi keju apel ato keju tua. Dikit aja kok. Tadi mama cuma ambil 1/4 dari potongan keju yg kira 1/8 keju bulat.

Sebetulnya gitu aja sih. Dimasak terus sampai air menguap dan kental. Tapi kalo mau untuk porsi banyak dan hemat, kentalkan dengan tepung maizena, jadi tidak perlu tunggu air menguap. Sama mama spaghetti versiku ini dikentalkan dengan. Lha.. gimna nggak enak, coba ? ;)

Silakan coba sendiri :D