Archives for posts with tag: indonesia

SELAMAT ULTAH INDONESIAKU TERCINTA! muaaah… muaaah…

Maaf kalau terlambat… soalnya pas tgl 17 kemarin aku lagi di Tomohon, ada acara choir gitu. Nggak bawa laptop. Kalaupun bawa juga tetep nggak bisa posting… koneksi internet susah. Update FB aja cuma bisa di kamar penginepan :-S

Read the rest of this entry »

Advertisements

Kalau ada cukup banyak waktu di suatu tempat baru, aku selalu senang belajar sedikit tentang budaya tempat itu. Kali ini di Lombok, aku nyaris seharian belajar budaya Lombok, lebih tepatnya budaya suku Sasak. Oleh Pak Dahlan, berdasarkan instruksi dari pemilik travel yg adalah kenalan papa, kami dibawa Sasak Tour. Tour ini sebenarnya ke 3 tempat plus ke 2 pantai (Kutha dan Tanjung Aan). Tapi akan kutambahkan 1 tempat lagi, yaitu Puri Lingsar yg kami kunjungi di hari ketiga, karena aku merasa tempat ini cukup unik.

[Belajar apa aja?]

Pulau Lombok yg terhitung kecil jika dibandingkan Jawa, ternyata juga punya beberapa anak pulau yg mungil2. Hampir semua pulau2 kecil itu bernama Gili. Makanya aku sebut Gili Bersaudara atau The Gili Sisters hehehe bisa buat album rekaman tuh 😛 Di Lombok barat yg terkenal adalah si kembar tiga Gili: Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. Di Lombok timur dan selatan  masih ada beberapa Gili lainnya, tapi aku juga tidak tahu persis nama2nya.

[Berkunjung ke 2 Gili]

Sebuah cerita yg sangat menginspirasi dari milis tetangga. Entah ini fiksi atau real, tapi cerita ini patut direnungkan dan ditindaklanjuti. Ayo, Indonesia, kita bisa!! 🙂

Sat Nov 1, 2008 12:29 pm (SGT)

mw bukti?!!

Suatu pagi di bandar lampung, menjemput seseorang di bandara. Orang itu sudah tua, kisaran 60 tahun. Sebut saja si bapak.

Si bapak adalah pengusaha asal singapura, dengan logat bicara gaya melayu, english, (atau singlish?) beliau menceritakan pengalaman2 hidupnya kepada kami yang masih muda.. Mulai dari pengalaman bisnis, spiritual, keluarga, bahkan percintaan hehehe..

“Your country is so rich!”

Ah biasa banget kan denger kata2 begitu. Tapi tunggu dulu..

” Indonesia doesnt need d world, but d world need Indonesia ”
“Everything can be found here in Indonesia , u dont need d world”
“Mudah saja, Indonesia paru2 dunia. Tebang saja hutan di Kalimantan , dunia pasti kiamat. Dunia yang butuh Indonesia !”

” Singapore is nothing, we cant be rich without indonesia . 500.000 orang indonesia berlibur ke singapura setiap bulan. bisa terbayang uang yang masuk ke kami? apartemen2 dan condo terbaru kami yang membeli pun orang2 indonesia , ga peduli harga yang selangit, laku keras. Lihatlah rumah sakit kami, orang indonesia semua yang berobat.”

“Kalian tahu bagaimana kalapnya pemerintah kami ketika asap hutan indonesia masuk? ya benar2 panik. sangat berasa, we are nothing.”

“Kalian ga tau kan klo agustus kemarin dunia krisis beras. termasuk di singapura dan malaysia ? kalian di indonesia dengan mudah dapat beras”

“Lihatlah negara kalian, air bersih dimana2.. lihatlah negara kami, air bersih pun kami beli dari malaysia . Saya pernah ke kalimantan, bahkan pasir pun mengandung permata. Terlihat glitter kalo ada matahari bersinar. Petani disana menjual Rp3000/kg ke sebuah pabrik China . Dan si pabrik menjualnya kembali seharga Rp 30.000/kg. Saya melihatnya sendiri”

“Kalian sadar tidak klo negara2 lain selalu takut meng-embargo Indonesia ? Ya, karena negara kalian memiliki segalanya. Mereka takut klo kalian menjadi mandiri, makanya tidak di embargo. harusnya KALIANLAH YANG MENG-EMBARGO DIRI KALIAN SENDIRI. Beli lah dari petani2 kita sendiri, beli lah tekstil garmen dari pabrik2 sendiri. Tak perlu kalian impor klo bisa produksi sendiri.”

“Jika kalian bisa mandiri, bisa MENG-EMBARGO DIRI SENDIRI, Indonesia will rules the world..”

Posted by: “Allia Laksmi Nurdini” saya.allia@yahoo. com   saya.allia

Senin pagi yang cerah kujalani dengan santai. Jalanan pada jam 6.45 memang masih lengang, menyenangkan sekali berkendara di pagi hari seperti ini (tanpa mengingat betapa menyebalkannya bangun pagi, tentu saja 🙂 ) Namun, di jembatan B.A.T, sembari menunggu lampu lalin berubah hijau, perhatianku terusik. Karena berada di deret terdepan, mobilku dikelilingi beberapa sepeda motor, mungkin sekitar belasan. Awalnya yang menarik perhatianku adalah ternyata sepeda-sepeda motor itu hampir seluruhnya membawa anak sekolahan. Itu bisa kusimpulkan ketika melihat seragam adik-adik itu, merah, biru, dan abu-abu. Kesemuanya dibonceng. Ada yang di belakang, ada yang di depan, ada pula yang diapit dua orang dewasa. Baru kusadari kemudian, ada hal lain yang menarik (tapi tragis). Sebagian besar anak-anak itu tidak memakai helm! Lha, apa emang helm itu khusus hanya buat orang dewasa ya (R-Rated) ??

Read the rest of this entry »

MERDEKA, reek!! Sebagai prolog saja, sebenarnya ide menulis postingan ini sudah ada sejak kira-kira sebulan yg lalu. Tapi sengaja aku empetempet (tahan-red) biar sekalian sama momen 17-an 🙂

Suatu malam, saat aku pulang kerja, tak sengaja mataku menyambar sebuah billboard iklan rokok. Tidak ada apa-apa di papan besar itu, hanya dominasi warna biru ciri khas si rokok dan tulisan:

“Apakah Anda Merasa Bangga Menjadi Bangsa Indonesia ?”

Jawaban spontanku tentu saja : “Ya iya laaaah… masa ya iya… (terusin deh, basi banget kalau aku yg terusin hehe)” Tapi, seperti biasa, jawaban emosional itu segera dilanjutkan oleh otak pemikirku, “Apa coba yg buat kamu bangga ?” Emosiku terdiam. Untunglah otakku tidak. Dan akhirnya, setelah merumuskan selama beberapa jam, di saat mata mulai terbuai kelam, aku pun berhasil merumuskan alasan-alasan itu.

[7 Alasanku]

“Extravaganza masuk 10 acara TV tak layak tayang”

Pasti sudah banyak yang mengetahui berita itu, aku saja yang telat dan baru dengar hari ini ketika baca sepintas koran lokal. Menurut KPI (Komisi Penyiaran Indonesia), acara itu banyak mengandung unsur kekerasan secara fisik maupun verbal yang vulgar. Sebelum ini pun KPI juga melarang iklan salah satu produk provider seluler yang ‘kawin dengan monyet’ karena dianggap merendahkan martabat manusia.

[more: menurutku siiihh..]

Sabtu, 10 Mei 2008, aku ke Gedung Cak Durasim lagi. Terakhir aku ke gedung itu ketika choir-ku konser, kira-kira satu bulan yang lalu. Kali ini gedung itu kembali menjadi sasana pagelaran konser paduan suara Surabaya. Concord Singer akan membawa para penikmat paduan suara menjelajah keindahan Asia dalam Wonderful Asia.

Concord Singer berdiri pada tanggal 10 Januari 2007, atas prakarsa Fritz Simangunsong, sang conductor sekaligus pelatih. Meski terbilang muda, tapi jangan diremehkan kemampuannya karena –seperti tujuan awalnya, yaitu mempersatukan penyanyi-penyanyi Surabaya di bawah satu wadah- anggota-anggota kelompok ini adalah penyanyi-penyanyi top di Surabaya. Boleh dibilang sebagian besar pentolan paduan suara-paduan suara se-Surabaya (dan Malang ?) tergabung dalam Concord Singer. So… bayangkan saja bagaimana jadinya jika orang-orang profesional dan ahli berkumpul jadi satu … 🙂 Kalau masih sulit membayangkan, bayangkan saja bahwa untuk konser di Cak Durasim yang cukup besar itu, mereka menyanyi tanpa mic! Ya, tanpa mic! Dan ternyata suara mereka cukup memenuhi ruangan itu lho. So.. lagi-lagi, untuk masalah teknis aku merasa tidak cukup berkompeten untuk berkomentar, meski sebenarnya aku punya pendapat sendiri. Jadi, lagi-lagi tulisan ini hanya review secara awam.

[Penasaran? Baca selanjutnya di sini]

Maaf… bukannya bermaksud bikin tulisan panas. Hanya saja, pertanyaan itu yang tercetus di otakku saat dengar biaya pembelian formulir UMPTN. Mau tau berapa ?? yang 1 bidang (IPA/IPS) Rp 250.000,- yg 2 bidang (IPC) Rp 450.000, – Fiiiuuhhh *ngelap keringat di dahi* … that’s A LOT !!

[more: menurutku siiih…]

“Harga bensin akan jadi Rp. 6000,-“

Hhh… pagi-pagi sudah dengar berita yg tidak enak macam begitu :-/ langsung saja selama perjalanan rumah-kantor yang memakan waktu nyaris 1 jam otakku berubah fungsi jadi kalkulator. Hmm… berarti bujet untuk bensin kira-kira akan nambah 20% juga.. lumayan juga tuh.. nambah shi ba wan. langsung deh kepalaku jadi gatal dan minta digaruk-garuk 🙂

Yaah.. sebenarnya aku bisa memaklumi kenaikan itu. Bukan bermaksud so bijak, tapi harus disadari pula bahwa selama ini bensin murah karena disubsidi. So, actually it just a matter of time, harga bensin akan naik sampai batas harga normal (tanpa subsidi). Belum lagi, katanya minyak sekarang makin langka, cadangan seluruh dunia cuma 1,5 juta barrel seminggu (ini juga sudah dikatakan meningkat). Harganya ikut naik pula. jadi yaa… pasti naik lah. Pemerintah toh sebenarnya sudah lama merencanakan ini, cuma cari timing yang tepat saja, sedikit mengundur waktu biar tidak dibilang “Setiap tahun harga bensin naik”.

[more: bagaimana reaksiku ?