Ini bukan mau bahas soal enak mana siobak sama ayam penyet. Juga bukan tentang persaingan depot siobak sama warung ayam penyet. Ini tentang AMERICAN IDOL.

Hehehe… iya. Secara yg jadi grand finalis season 9 ini adalah siobak Adam Lambert dan ayam penyet bu Kris Allen hihihihi… meksa  ya😀

Menurutku semakin lama American Idol semakin OK aja, bener2 kebalikan dari Indonesian Idol deh. Peserta2nya semakin top dan kompetitif banget. Untuk bisa survive di ajang kompetisi adu bakat nyanyi ini ternyata nggak cukup dengan bakat nyanyi yg besar, tp juga harus smart. Ini sudah kuamati sejak season 7 (2 tahun lalu) sih. Season ini nilai smart ini tambah terlihat jd faktor penentu. Soalnya semua finalis tuh suaranya udah keren2. So, yg dinilai ya bagaiman kepinteran dan kreativitas mereka utik2 lagu buat jadi “mereka banget”. Kata Kara, salah satu panelis, kudu artistry.

Dari semua finalis season 9 ini, benernya aku ngejagoin 2 orang, Adam Lambert dan Danny Gookey. Dua2nya punya suara over the top. Dua2nya juga sama2 smart dalam milih dan aransemen lagu. Satu lagi yg juga smart meski menurutku suaranya biasa aja, adalah Kris Allen. Aku berharap sih tahun ini grand final-nya 3 orang hehe.. susah banget buat nentuin antara Allen sana Gookey yg lebih nggak layak. Kalau Lambert mah, jangan ditanya… 10.000% layak deh masuk grand final!

Ternyata, malam ini si Gookey (dan aku) harus legawa terima bahwa dia ngga bisa lanjut. So.. yg tarung tinggal Lambert dengan Allen. Seperti yg kutulis di atas, benernya suara Kris Allen tuh biasa2 aja. Biasa di sini means bagus banget, tp nggak  WOW gitu. Namun, aku akui Kris ini bener2 pinter aransemen lagu. Khas dia adalah bikin lagu2 itu jd easy listening, bergaya… rada2 Jason Mraz gitu deh. Dengan gitar andalannya, Kris hampir selalu dapat komen bagus dari para panelis. Apalagi tampangnya yg cute abis itu juga jadi modal gedhe buat dia. iih.. jd pengen … (lho?)

Menurutku, Adam lambert jauuh di atas Kris. Well, actually, dia jauh di atas peserta2 lain sejak final minggu pertama. Jadi, meski sama Gookey pun.. aku tetap berpendapat Adam jauuh lebih baik😀 Setiap performanya tuh nggak pernah mengecewakan. Suaranya nge-rock ala Axl Rose, melengking tinggi nggak ketulungan, dengan imbuhan teatrikal di setiap performanya. Meski punya genre  rock, cowok yg ngaku gay ini tampil luar biasa memukau di jazz week, micahel jackson week, bahkan disco week. Sampai2 si Simon Cowel sempat kasih dia standing ovation! Itu adalah salah satu kejadian langka.

So… dari pembahasanku di atas, kayaknya sudah jelas siapa yg aku jagoin. Ya… Adam Lambert lah. Tapi.. namanya juga pilihan penonton, voting sms dan telpon lg.. anything could happen. Hmm.. jadi nggak sabar minggu depan nonton pertarungan siobak vs ayam penyet hehehe😀